Pelatihan Pengajaran dengan Pendekatan Genre bagi Guru-guru di Jampang English Village

Authors

  • Bobi Arisandi Universitas Pamulang
  • Bambang Irawan Universitas Pamulang
  • Muhammad Fajar Mediawan Ginting Universitas Pamulang
  • Abdul Aziz Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1354

Keywords:

aspek fasilitas, aspek kompetensi, genre, JEV, pelatihan

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh dosen sebagai pemenuhan tridharma perguruan tinggi. PkM ini perlu dilakukang untuk membekali guru-guru di Jampang English Village (JEV) dengan metode alternatif dalam pengajaran bahasa inggris untuk siswa didik di mereka. Selain itu PkM ini merupakan bentuk kerjasama rutin antar dua institusi JEV dan Universitas Pamulang (UNPAM) yang bersifat sharing best practice. JEV merupakan satu kursus Bahasa Inggris yang murid-muridnya berasal dari seluruh desa Jampang Bogor, Jawa Barat. JEV sendiri adalah program Zona Madina Dompet Dhuafa yang bertujuan memberikan pelatihan bahasa inggris gratis. Pelatihan ini sendiri memberikan dua kontribusi yaitu aspek kompetensi guru dan aspek fasilitas. Aspek kompetensi guru yakni para guru bahasa inggris di JEV dapat menguasai dan mampu menggunakan metode pembelajaran berbasis genre. Sedang aspek fasilitas yang mana pada pelatihan diberikan bimbingan teknis kepada para guru untuk menggunakan buku ajar yang telah disusun dengan pendekatan berbasis genre pada kegiatan PkM terdahulu.

References

Badger, R. G & White, G. (2000). A Process Genre Approach to Teaching Writing, ELT Journal, 54(2), 153-160.

Byram, M. (2004). Routledge Encyclopedia of Language Teaching and Learning. Routledge.

Christie, F. (1990). Genre as Social Processes. A Plenary Paper Delivered at the Meaning Reading Council Regional Conference, Brisbane (March, 23-25), 74-78.

Cope, B., & Kalantzis, M. (1993). Introduction: How a genre approach to Literacy Can Transform the Way Writing is Taught. In B. Cope & M. Kalantzis (Eds), The Powers of Literacy: A Genre Approach to Teaching Writing, 1-21.

Hammond, J., & Derewianka, B. (2001). Genre. In R. Carter & D. Nunan (Eds). The Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Languages. Cambridge University Press.

Hyland, K. (2002). Genre in primary classrooms: The New South Wales (NSW) K-6 Syllabus. In C. N. Candlin & D. R. Hall (Eds.), Teaching and Researching, 96-103.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing. University of New South Wales Press Ltd.

Macken-Horarik, M. (2002). Something to Shoot for: A Systemic Functional Approach to Teaching Genre in Secondary Schools. In Genre in the Classroom: Multiple Perspectives (pp. 17-42). Lawrence Earlbaum Associates.

Martin, J.R. and Rose, D. (2005). Designing Literacy Pedagogy: Scaffolding Asymmetries. In R. Hasan, C. M. I. M. Matthiessen and J. Webster (Eds) Continuing Discourse on Language. Equinox. pp. 251-280

Muncie, J. (2002). Finding a place for grammar in EFL composition classes, EFL Journal, 56, 407-430.

Reid, J. (1995). Teaching ESL Writing. Upper Saddle River. Heinle and Heinle.

Rose, D. (2018). Languages of schooling: embedding literacy learning with genre-based pedagogy. European Journal of Applied Linguistics, 6(1), 59-89.

Rothery, J. (1996). Making Changes: Developing an Educational Linguistics. In R. Hasan & G. Williams (Eds), Literacy in Society. Longman

Rusdin, R. (2017). Pendidikan dan Pelatihan sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200-212.

Downloads

Published

2022-04-15