Pengembangan Usaha Produk Ma-min Fungsional Hasil Kolaborasi Siswa dengan Guru untuk Nilai Tambah Ekonomi Unit Bisnis Sekolah Luar Biasa Negeri Batu
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1823Keywords:
desain ulang, ma-min fungsional, SLBN BatuAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pemberdayaan siswa penyandang disabilitas dan guru pendidikan khusus di SLB Negeri Kota Batu, dalam rangka pengembangan produk makan dan minuman (ma-min) fungsional. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan kombinasi antara penyampaian informasi, diskusi, pendampingan, ujicoba produk, serta strategi promosi produk. Hasil penilaian kegiatan dari sisi proses, pada saat kegiatan terjadi dialog interaktif seputar pengembangan produk yang dihasilkan, baik dari sisi kuantitas, kualitas, maupun analisis kandungan nutrisinya. Dari sisi produk, hasil ujicoba produk ma-min fungsional secara kuantitas dan kualitas berpotensi menjadi modal awal untuk menghasilkan produk ma-min yang bernilai ekonomi tinggi. Saran pengembangannya, pemasaran dapat dilakukan secara konvensional face to face dan memanfaatkan media digital.
References
Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Jurnal Ekuilnomi, 2(1), 29-39. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v2i1.349
Belch, M. & Belch, G. (2011). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Cahyono, M. S., Harahap, D. H., & Sukrajap, M. A. (2019). Penerapan teknologi produksi makanan olahan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah di Kota Bandung. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 21-30. http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v3i1.567
Daming, S. (2016). Komparasi Nilai Penguatan Hak Penyandang Disabilitas dalam Lex Posterior dan Lege Priori. Jurnal Hak Asasi Manusia, 13(13), 53-110. https://doi.org/10.58823/jham.v13i13.101
Hamzah, D., & Nadjib, M. (2013). Pemanfaatan internet sebagai media promosi pemasaran produk lokal oleh kalangan usaha di Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 30-40. https://doi.org/10.31947/kjik.v2i1.346
Istifarroh, I., & Nugroho, W. C. (2019). Perlindungan hak disabilitas mendapatkan pekerjaan di perusahaan swasta dan perusahaan milik negara. Mimbar Keadilan, 12(1), 21-34. https://doi.org/10.30996/mk.v12i1.2164
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50.
Munaf, D. R., Suseno, T., Janu, R. I., & Badar, A. M. (2008). Peran Teknologi Tepat Guna Untuk Masyarakat Daerah Perbatasan Kasus Propinsi Kepulauan Riau. Jurnal Sosioteknologi, 7(13), 329-333.
Niran, K. (2019). Trik Sukses Menjalin Relasi: Cara Mudah Bergaul, Membangun Pengaruh, dan Memenangkan Kepercayaan Siapa Saja. Anak Hebat Indonesia.
Rahmiyati, N. (2015). Model pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna di Kota Mojokerto. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 2(02), 48-62. https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i02.506
Widyaningsih, T. D., Wijayanti, N., & Nugrahini, N. I. P. (2017). Pangan Fungsional: Aspek Kesehatan, Evaluasi, dan Regulasi. Universitas Brawijaya Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohammad Efendi, Rina Rifqie Mariana, Yon Ade Lose Hermanto, Eurima Zahra Rahma Fadila, Ayu Putriningtyas, Imam Syafi’i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

















