Pelatihan Branding UMKM Pukis dan Piscok
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1833Keywords:
pelatihan, pendampingan, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi jalan baru masyarakat untuk menjadi seorang pengusaha. Namun, beberapa UMKM merasa kurang bisa menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang mereka jual. Seperti pelaku UMKM pukis dan piscok (pisang cokelat) yang memiliki permasalahan yang sama tentang bagaimana cara menarik konsumen. Program pengabdian masyarakat dengan cara pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi cara mengenalkan produk agar bisa menarik konsumen dengan mudah. Ada beberapa faktor penting untuk membuat produksi kita mendapat perhatian dari calon konsumen seperti, adanya logo dan nama produk, memberi tagline agar konsumen tertarik, dan menawarkan produk menggunakan media sosial. Hasil pelaksanaan dari pelatihan adalah memberikan respon positif yakni dengan menjelaskan ingin seperti apa logo, banner, daftar menu, packaging (stampel), dan promosi di social media yang diinginkan oleh peserta pelatihan branding UMKM Pukis dan Piscok.
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(1), 69-76. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732
Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi digital branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(2), 113–136. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.2865
Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Rahayu, R. A. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan UMKM Kuliner melalui Pelatihan Akuntansi, Branding, dan Halal Food. In Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (pp. 19–24).
Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359–368. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.888
Nasution, M., & Afandi, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. Fusion: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 58–65.
Perdana, B. B., Pratama, S. D., Faturohman, B. A., & Sugiharti, A. (2022). Perancangan Website sebagai Media Promosi Outlet Every Mart Bandara Husein Sastranegara Bandung. Wacadesain, 3(2), 70-80. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v3i2.915
Prasetio, A. N., & Indriani, F. (2022). Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer dan Disclosure of Sponsorship terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Brand Attitude sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). Diponegoro Journal of Management, 11(5), 1-12.
Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33.
Sholichah, M., & Febriana, P. (2022). Self-Image Construction in New Media through the Instagram Application (Semiotic Analysis of@ maudyayunda Instagram posts). Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(2), 177–186. https://doi.org/10.21070/ups.384Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual melalui Foto Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271
Sipayung, R. C., Pasaribu, R. M., & Matondang, V. (2023). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial (Instagram) Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Samosir. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1107-1114. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.547
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aisya Brilianty Nurisna, Ainur Rochmaniah, Poppy Febriana, M. Waladan Amin, Irsyad Abidin, Lily Amelia Umroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

















