Analisis Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Pembelajaran Fisika

Authors

  • Putri Ayu Rivani Universitas Jambi
  • Helnovia Helnovia SMAN 9 Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi
  • Maison Maison Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1097

Keywords:

fisika, kecerdasan emosional, pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan hubungan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa terhadap pembelajaran fisika. Dalam kecerdasan emosional pada diri siswa terdapat beberapa aspek yang menjadi faktor penting yaitu mengenali, mengelola emosi, mengenal emosi orang lain serta membina hubungan yang baik kepada orang lain. Penelitian ini menerapkan mix method. Instrument yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Total keseluruhan siswa dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Dimana 30 siswa berasal dari kelas XI MIPA 1 dan sisanya berasal dari kelas XI MIPA 3. Analisis data dilakukan dengan pengujian asumsi dan uji hipotesis. Dari hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan kecerdasan emosional pada siswa di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 tergolong baik. Dari hasil pengujian tersebut bahwa siswa memiliki perbedaan dalam kecerdasan emosional yang dimiliki. Namun perbedaan tersebut tidak menjadikan siswa memiliki rendahnya kecerdasan emosional. Dari analisis wawancara siswa sabar dan terus bertanya saat memahami materi fisika tentu saja itu menjadikan point utama dalam meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Sehingga hal tersebut dapat menuntun siswa untuk lebih menjadi orang yang disiplin dan memotivasi diri untuk giat dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, R., Kumalawati, R., & Arisanty, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 5(4), 18–21. https://doi.org/10.20527/jpg.v5i4.6982

Alhassan, A., & Chen, D. (2019). Investigating business EFL postgraduate student writing in a UK university?: a qualitative study Investigating business EFL postgraduate student writing in a UK university?: a qualitative study. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1699741

Bankole, Q. A., & Nasir, Z. (2020). Empirical Analysis of Undergraduate Students’ Perception in the Use of Electronic Sources in Kwara State University Library. International Information and Library Review, 53(2), 131–141. https://doi.org/10.1080/10572317.2020.1805274

Banks, H. T., Flores, K. B., Langlois, C. R., Serio, T. R., & Sindi, S. S. (2018). Estimating the rate of prion aggregate amplification in yeast with a generation and structured population model. Inverse Problems in Science and Engineering, 26(2), 257–279. https://doi.org/10.1080/17415977.2017.1316498

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Dehadri, T., & Dehdari, L. (2020). The Effect of a Short Message-Based Nutrition Education Intervention on Employees’ Knowledge and Practice in Terms of Adopting the Methods of Inhibition of Polycyclic Aromatic Hydrocarbons Formation in the Cooked Meat. Polycyclic Aromatic Compounds, 42(3), 897-906. https://doi.org/10.1080/10406638.2020.1754866

Fauziah, F. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320

Fauzyah, G. A. H. U., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 197-206. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Web-Lembar Kerja Siswa IPA terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25402

Kurniawan, D. A., Firmansyah, R., & Zain, M. S. (2021). Correlation Between Reading Fondness and Attitude Toward Science at Middle School. 10(1), 46–56. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.24701

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Mason, G. (2020). Higher education , initial vocational education and training and continuing education and training?: where should the balance lie?? Journal of Education and Work, 00(00), 1–23. https://doi.org/10.1080/13639080.2020.1755428

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Literasi Media Publishing.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11-29.

Tegeh, I. M., Parwata, I. G. L. A., & Ostaviani, B. G. (2020). The Observing Learning Activity Assisted by Concrete Media Improves Student’s Conceptual Knowledge. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.25206

Downloads

Published

2022-07-18