Implementasi Metode Kontekstual Model Problem Posing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1379Keywords:
metode kontekstual, model problem posing, matriksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika pada pokok bahasan matriks dengan menggunakan metode kontekstual model problem posing. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 40 siswa sebagai subyek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi pada pokok bahasan matriks dan lembar observasi untuk mengamati aktifitas siswa selama implementasi metode kontekstual model problem posing. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi metode kontekstual model problem posing dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan matriks terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata kelas yang mula-mula pada siklus I adalah 65,12 dengan ketuntasan klasikal 40,00% dan pada siklus II menjadi 79,12 dengan ketuntasan belajar 100 %. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan selama implementasi metode kontekstual model problem posing, mampu membuat suasana pembelajaran semakin kondusif sehingga siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran serta menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan kegiatan kelompok.
Downloads
References
Delisten, E. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 176–184. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.176-184
Erwina, E., Jamal, M. A., & Hartini, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transferring (REACT). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 122. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.753
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 588. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek?: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533
Putri, N. S., Leny, L., & Mahdian, M. (2020). Penerapan Model Problem Solving terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 55–63. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.340
Putri, U. A., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 69. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6088
Ramdani, R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Creative Problem Solving pada Siswa Kelas XI SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Kabupaten Gowa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 10–27. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1182
Setiana, F., Rahayu, T. S., & Wasitohadi, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8-14. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14
Siregar, M. M., Fikri, F., Sinaga, H. A., & Hayati, Z. (2022). Implementasi Efektivitas Pembelajaran Biologi tentang Sistem Pernapasan pada Manusia dengan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Aplikasi Respiratory System Anatomy untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas XII MAS YPRA Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3286–3292.
Winarti, T., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 387–396. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29063
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eva Wuryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

















