Penguatan Performasi Penilik-Pengawas Sekolah dengan Karakter Generasi Y dan Z: Suatu Refleksi di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0

Authors

  • Syamsu Ridhuan Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1384

Keywords:

generasi Y dan Z, karakter, penguatan

Abstract

Terdapat kesenjangan nyata antara performasi penilik-pengawas sekolah dengan karakter generasi Y dan Z. Penilik-pengawas sekolah kebanyakan berumur 50 tahun ke atas menjelang masa pensiun, secara umum gagap teknologi informasi, sedangkan generasi Y dan Z lahir dan berkembang di era revolusi indutri 4.0 dan memasuki era society 5.0 berkarakter melek teknologi informasi. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan temuan konsep-teori karakter generai Y dan Z yang cocok digunakan untuk mendukung penguatan performasi penlik-pengawas sekolah. Hasil studi karakter generasi Y dan Z yang dapat dipenguatan adalah inovatif, produktif, adaptif, melek teknologi informasi dan kreatif. Direkomendasikan agar Pemerintah menetapkan kebijakan program up grading Kompetensi Penilik-Pengawas sekolah dengan Karakter Generasi Y dan Z. Caranya melalui workshop, pendidikan dan pelatihan singkat, program akademik yang setara diploma 1 (satu). Pelaksanaan kebijakan bisa terintegrasi dalam program sekolah penggerak, atau dilakukan secara terpisah namun tetap memberikan kontribusi terhadap percepatan keberhasilan program sekolah penggerak, yaitu dalam bidang penguatan sumber daya manusia sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin UMA. (2022, Januari 11). Ap Itu Era Society 5.0 dan Apa Perbedaanya dengan Era Industri 4.0. Biro Administrasi Registrasi Kemahasiswaan dan Informasi Universitas Medan Area. https://barki.uma.ac.id/2022/01/11/apa-itu-era-society-5-0-dan-apa-perbedaannya-dengan-era-industri-4-0/

BKN. (2011, Maret 24). Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 01&02/III/PBI/2011 dan Nomor -6&7 tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Badan Kepegawaian Negara. https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2015/08/PERBERSAMA-MENDIKNAS-NO.2-III-PB-2011-DAN-KEPALA-BKN-NO.7-TAHUN-2011-PETUNJUK-PELAKSANAAN-JF-PENILIK-DAN-AK.pdf

Djazifah, N., & Hiryanto, H. (2013). Model Pengembangan Penilik Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 21-30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4738

Iskandar, D. (2016). Peran pengawas pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan SMP di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 179-195. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12918

Kemdikbud-Ristek. (2021). Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/

Maryadi, M. (2016). Kinerja Penilik Non Formal Di Kabupaten Boyolali Tahun 2016. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2), 89-98. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1361

Pratama, H. C. (2012). Cyber smart parenting: kiat sukses menghadapi dan mengasuh generasi digital. Visi Press.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020, April). Selamat tinggal revolusi industri 4.0, selamat datang revolusi industri 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 122-130.

Ridhuan, S. (2018). Enam Watak Manusia Indonesia dalam Perspektif Bela Negara, Konflik Sosial, dan Pembangunan Masyarakat. Jurnal Foril Universitas Esa Unggul, 15(2), 195-205.

Ridhuan, S. (2022). Hasil Observasi Pra Riset Tentang Penguatan Performasi Penilik-Pengawas Sekolah dengan Karakter Generasi Y dan Z di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0. Makalah, Tidak dipubliksikan. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Setiawan, B. (2021). Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 1(1), 66-73. https://doi.org/10.25078/ds.v1i1.518

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisnubrata. (2021 Januari 11). Mengenal Generasi XYZ dan Karakteristik Khasnya. Kompas. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/11/101112720/mengenal-generasi-xyz-dan-karakteristik-khasnya?page=all.

Downloads

Published

2022-07-18