Kesulitan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Shofiatur Rohma Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1388

Keywords:

kesulitan, orang tua, pembelajaran daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor kesulitan orang tua siswa Sekolah Dasar (SD). Untuk itu, metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan melibatkan 12 orang tua dari siswa SD. Ini dilakukan dengan menyebarkan quisionaire dan pertanyaan mendalam untuk mengekplorasi faktor-faktor tersebut. Analisis yang digunakan adalah dengan melakukan koding, reduksi, dan penyajian. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring memerlukan peran orang tua untuk mendampingi anaknya. Meskipun demikian, orang tua mengalami kesulitan ketika anaknya melakukan pembelajaran daring. Kesulitan yang dialami orang tua meliputi, materi pembelajaran, cara mengajar anak, waktu untuk selalu mendampingi anaknya ketika belajar, handphone yang digunakan dalam pembelajaran masih bergantian dengan orang tua, tidak bisa dalam mengoperasikan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran, koneksi internet yang buruk, dan mahalnya kuota internet. Implikasi dari penelitian ini adalah pendampingan kepada siswa tetap disarankan, namun perlu dipersiapkan alat dan konenksi internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35-46. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Hafiz, M. (2020). Pembelajaran Daring yang Dihadapi Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 103-106.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish.

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 428-436. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media.

Pratiwi, R. K., & Widagdo, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kelas Awal di Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 6(4), 277-284. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15656

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Pandemic Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139-148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rini, P. P., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Gaya dan Gerak melalui Metode Eksperimen dengan Berbantukan Media Realia pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 97-101. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.48430

Sugiyono. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional dalam Jaringan Hasil Penelitian dan ABDIMAS (pp. 375-385).

Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung.

Syafii, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 471-479).

Downloads

Published

2022-07-18