Kesulitan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1388Keywords:
kesulitan, orang tua, pembelajaran daringAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor kesulitan orang tua siswa Sekolah Dasar (SD). Untuk itu, metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan melibatkan 12 orang tua dari siswa SD. Ini dilakukan dengan menyebarkan quisionaire dan pertanyaan mendalam untuk mengekplorasi faktor-faktor tersebut. Analisis yang digunakan adalah dengan melakukan koding, reduksi, dan penyajian. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring memerlukan peran orang tua untuk mendampingi anaknya. Meskipun demikian, orang tua mengalami kesulitan ketika anaknya melakukan pembelajaran daring. Kesulitan yang dialami orang tua meliputi, materi pembelajaran, cara mengajar anak, waktu untuk selalu mendampingi anaknya ketika belajar, handphone yang digunakan dalam pembelajaran masih bergantian dengan orang tua, tidak bisa dalam mengoperasikan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran, koneksi internet yang buruk, dan mahalnya kuota internet. Implikasi dari penelitian ini adalah pendampingan kepada siswa tetap disarankan, namun perlu dipersiapkan alat dan konenksi internet.
Downloads
References
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18
Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35-46. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Hafiz, M. (2020). Pembelajaran Daring yang Dihadapi Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 103-106.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish.
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 428-436. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media.
Pratiwi, R. K., & Widagdo, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kelas Awal di Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 6(4), 277-284. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15656
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Pandemic Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139-148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487
Rini, P. P., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Gaya dan Gerak melalui Metode Eksperimen dengan Berbantukan Media Realia pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 97-101. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.48430
Sugiyono. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional dalam Jaringan Hasil Penelitian dan ABDIMAS (pp. 375-385).
Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung.
Syafii, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275
Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 471-479).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Shofiatur Rohma, M. Anas Thohir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

















