Efektivitas Pembelajaran Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Mahasiswa pada Waktu Pandemi Covid-19

Authors

  • Dewi Mutmainnah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1400

Keywords:

pembelajaran daring, pendidikan agama islam, pengembangan karakter

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah memahami bagaimana efektivitas pembelajaran dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan karakter baik bagi mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan selama kurun waktu satu semester ganjil 2021/2022 dengan objek wawancara adalah tim dosen PAI di STIESIA. Data yang diperoleh kemudian dianalis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa interaksi yang kurang terjalin dengan baik antara mahasiswa dan dosen dikarenakan komunikasi virtual yang lebih banyak satu arah dan tidak face-to-face menyebabkan proses pengenalan, penanaman, dan pengembangan karakter baik mahasiswa menjadi terhambat dan kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies In Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/Sipose.V1i1.9

Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dalam Situasi Pandemi Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(2), 13–26. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26

Chastanti, I., & Munthe, I. K. (2019). Pendidikan Karakter pada Aspek Moral Knowing Tentang Narkotika pada Siswa Menengah Pertama. Sosial Horizon, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.994

Helaluddin, H., & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Latipah, E., & Awalliyatunnisa, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring dan Permasalahannya. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14, 129–157. https://doi.org/10.37812/fikroh.v14i2.150

Lubis, R. R., Nasution, I. W. J. P., Audilla, V., Hasanah, R., & Abidin, W. A. S. Z. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(1), 33–47. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i1.461

Majid, A., & Andayani, D. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Mutmainnah, D. (2019). Peran MPK PAI dalam Membangun Karakter Mahasiswa STIESIA Surabaya. Journal PIWULANG, 1(2), 105–120. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i2.231

Novianti, E., Fatkhia, A. R., & Nuryana, Z. (2020). Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 201–212. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5663

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setyaningrum, Y., & Husamah. (2020). Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA-Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 69–81.

Zakariah, M. A., Avriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.

Downloads

Published

2022-07-18