Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Dyah Ayu Puspitaningrum Universitas Jember
  • Husnul Istiqomah Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1403

Keywords:

hasil belajar, indahnya kebersamaan, media audio-visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Intract-Group Comparisson, menggunakan tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumbersari 1 Bondowoso pada Tema Indahnya Kebersamaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampelnya sebanyak 48 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Rerata capaian hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio-visual lebih dari rerata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media audio-visual. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2021). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). CV Pilar Nusantara Semarang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Dale, E. (1969). Audiovisual Methods in Teaching. Dryden Press

Khalistiana, T. M., Halimah, M., & Lidnillah, D. A. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 129-140.

Masyhud, M. S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK) Universitas Jember.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2), 127 – 144.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.27

Sayidiman, S. (2012). Penggunaan Media Audio Visual dalam Merangsang Minat Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Publikasi Pendidikan, 2(1), 36-43. https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1583.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Downloads

Published

2022-07-18