Pengembangan Pembelajaran Studysaster terhadap Covid-19 Berbasis Teknologi Informasi

Authors

  • Novi Ade Suryani STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
  • Suryani Suryani STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
  • Nopita Desiana STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1407

Keywords:

pembelajaran studysaster, pendidikan kebencanaan, teknologi informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran studysaster berbasis teknologi informasi pada masa Covid-19. Berdasarkan survei lapangan pada masa pandemi, dunia pendidikan memberikan efek kebijakan physical distancing. Pembelajaran banyak dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi zoom dengan tetap mencapai tujuan awal pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahapannya adalah observasi lapangan, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi, ujicoba, dan analisi data. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kesehatan masyarakat tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitiannya adalah diperoleh produk final berupa pembelajaran studysaster berbasis teknologi informasi yang mendapatkan respon cukup positif yaitu 73,66 %. Dengan demikian, pembelajaran studysaster dapat memberikan peran dan fungsi bagi mahasiswa kesehatan masyarakat untuk mengedukasi terkait bencana Covid-19. Produk ini juga memberikan dampak positif kepada mahasiswa dalam mempelajari bencana Covid-19 dan dapat membagikan ide-ide mereka dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui media sosial yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930

Anton, A., Muhamadi, A. F., Maesaroh, E. S., Hamdaniyah, S. S., & Putri, A. R. (2022). Meningkatkan Peran Serta Siswa Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Dengan Cara Menumbuhkan Kesadaran Pribadi. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 50-69.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rinek Cipta

Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan. (2020). Mengenal Konsep Studysaster, Cara Kreatif Guru Bantu cegah Covid-19 [HTML file]. Tersedia: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-studysaster-cara-kreatif-guru-bantu-cegah-covid19

Halifah, S. (2020) Penerapan Model ASIG pada New Normal di Tengah Pandemi COVID-19. In Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAIN Pare-Pare Nusantara Press.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Nurhasanah, A., Maryuni, Y., & Ramadhan, W. A. (2020, November). Pemanfaatan Vlog Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Era Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 414-424).

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Ohio Pearson Merril Prentice Hal.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta

Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu: Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial. VisiMedia.

Widyasari, E. (2020). Model Pembelajaran Studysaster Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas pada Pandemi Covid-19. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 4, No. 2).

Downloads

Published

2022-07-18