Pengembangan Aplikasi Diagram Venn Berbasis Android dengan Model Spiral

Authors

  • Bayu Jaya Tama Universitas Indraprasta PGRI
  • Hendro Purwoko Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1408

Keywords:

android, diagram Venn, teori himpunan

Abstract

Matematika sering digunakan dalam kehidupan untuk menemukan solusi terhadap permasalahan. Guru harus kreatif dalam mendesain strategi pembelajaran, untuk memotivasi siswa belajar dengan cara memadukan teknologi. Contohnya adalah penggunaan aplikasi untuk melakukan perhitungan teori himpunan berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin pada perangkat lunak Android Studio dan menerapkan SDLC (Software Development Life Cycle) bermodel Spiral yang dikembangkan oleh Boehm pada tahun 1986 dengan menyelaraskan antara desain dan pembuatan prototipe yang dapat digunakan oleh berbagai Industri. Model Spiral digunakan untuk membantu pengembangan perangkat lunak mulai dari gagasan, tahap pengembangan hingga prototipe yang layak pakai dan berkembang terus menerus mengingat bahwa perangkat yang digunakan pada penelitian ini sudah mencapai versi ke dua. Adapun proses perhitungan teori himpunan adalah sebagai berikut: (1) Dimulai dengan melakukan input nilai S, A, B, C, irisan dan hasil yang ingin didapat; (2) Kemudian masuk ke dalam proses perhitungan, jika gagal maka akan muncul pesan kesalahan; (3) Jika berhasil akan menampilkan hasil perhitungan dan diagram Venn. Aplikasi penghitung teori himpunan yang merupakan pengembangan dari aplikasi Versi pertama menerapkan alur SDLC Model Spiral dapat menjalankan dua belas simulasi dan memunculkan diagram Venn dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshamrani, A. (2015). A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, 12(1), 105-111

Boehm, Barry W. (1986). A spiral model of software development and enhancement. In ACM SigSoft Software Engineering Notes, 2(4) , 22-42

Darwanto, D., Dinata, K. B., & Junaidi. (2020). Teori Himpunan. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Fauza, A., Sinaga, N. Y., & Mukasyaf, F. (2017).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII-A SMP Swasta Imelda Medan. Seminar Nasional Matematika UNIMED, 129-135. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/30

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel Development of Mathematics Tecching Material for Junior High School Students Based on Ausubel Learning Theory. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192.

Hanifah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan Oleh Orang Pendidikan Matematika FKIP UNIB. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 43-52.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40-55. https://doi.org/10.2452/mapan.2018v6n1a5

Hendro, P. & Bayu, J. T. (2022). Aplikasi Penghitung Persoalan Teori Himpunan Berbasis Android Dengan Bahasa Pemprograman Kotlin. Jurnal Theorems (The Original Reasearch of Mathematics, X(X), 01-21.

Hidayat, A. (2017). Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan. Journal Cendekia, 1(2), 51-63

Permendikbud RI Nomor 20. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. 14, 41-45.

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. 12, 7-21.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210-219.

Downloads

Published

2022-07-18