Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review

Authors

  • Florentinus Primarius Naraama Koten IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Adi Jufriansah IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Hamzarudin Hikmatiar IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409

Keywords:

aplikasi whatsapp, literature review, pembelajaran online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat penggunaan aplikasi whatsapp sebagai media informasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literature review. Jumlah artikel yang dijadikan literature yaitu sebanyak 25 artikel, diambil dari tahun 2021 sampai dengan 2022, dan terindeks database nasional dan internasional. Artikel dalam kategori jurnal terindeks database nasional terdiri dari 1 jurnal terindeks Science and Technology Index (SINTA) peringkat 2 atau S2, 2 jurnal terindeks S3, 7 jurnal terindeks S4, dan 4 jurnal terindeks S5. Sedangkan dari kategori jurnal internasional sebanyak 11 jurnal. Hasil analisis data menunjukkan hampir semua menyatakan manfaat yang baik dalam penggunaan aplikasi whatsapp sebagai media dalam pembelajaran. Beberapa hasil yang diperoleh dari pemanfaatan aplikasi ini dalam pembelajaran diantaranya, menambah minat siswa, nerangsang dan memotivasi siswa dalam belajar, membuat proses belajar mengajar yang menyenangkan, hasil belajar yang baik, pembelajaran cenderung lebih efektif, dan pembelajaran lebih feleksibel dan tidak kaku. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu di era pandemi saat ini bahwa sistem pembelajaran online harus menggunakan cara yang tepat dan media yang nyaman tanpa mengurangi kualitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Achmad, S. (2022). Pemanfaatan Whatsapp dalam Kuliah Daring di IAIN Salatiga pada Masa Pandemi Covid-19. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 76–89. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1672

Ainulsofwa, H., & Fauzi, F. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Group Whatsapp Tadarus Keluarga Al- Huda di PP Al-Huda Sidayu Cilacap. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 585–587. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i1.2734

Al Abdullateef, H., Pasley, R., & Chesney, T. (2021). Exploring the Effect of Using WhatsApp for Education During Covid-19 on University Students’ Performance: A Technostress Perspective. Academy for Information Systems Conference Proceeding, 11, 1–23. https://aisel.aisnet.org/ukais2021/11

Amaliya, L. U., & Dewi, K. (2022). Penerapan Small Group Discussion Berbasis Mobile Learning Melalui WhatsApp Messenger pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), . https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.42427

Aprianti, N., & Sugioto. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19?: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663

Az Zafi, A., Maroh, M. T., Siswanto, S., & Fathurrochman, I. (2021). Islamic Religious Education Teacher of Learning Strategy in Implementing Religious Values Through Whatsapp. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 700–711. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1423

Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. Journal of Educational Technology Systems, 0(0), 1–11. https://doi.org/10.1177/0047239520928307

Firmansyah, F., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Studi Analisis Pemanfaatan Whatsapp dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak pada Siswa Madrasah Aliyah. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2886–2897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1018

Fitria, R., Jazuli, M. F., & Fadlol, M. A. (2022). Penggunaan Media Whatsapp dalam Pembelajaran Sejarah Islam Indonesia Selama Pandemi Covid-19 (Mahasiswa Semester Dua Prodi Akidah dan Filsfat Islam). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 2210–2219. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2788

Hasibuan, A. P. G., Rejeki, R., Safrudin, S., Elvina, E., & Fadhli, S. (2022). Efektivitas Penyampaian Pembelajaran Tematik melalui Whatsapp Group di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 564–572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1874

Irfan, M., & Ariandi, A. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Daring oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 139–144. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.866

Khashu, S., Wanchoo, N., Finuf, K. D., Lapman, S., Gudsoorkar, P., & Jhaveri, K. D. (2022). Utility of semi-private messaging application (WhatsApp®) for Onconephrology education: a qualitative analysis of a ‘mastermind’ chat. Clinical Kidney Journal, 15(4), 834–838. https://doi.org/10.1093/ckj/sfab281

Misaghi, M., Tonioti, E., Batiz, E. C., & Dos Santos, A. J. (2021). WhatsApp as a Tool for Integration and Motivation in Distance Education. Social Networking, 10(03), 29–43. https://doi.org/10.4236/sn.2021.103003

Miyanti, I. N. (2021). Blended Learning Menggunakan Whatsapp untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 8(1), 26–35. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9810

Morsidi, S., Samah, N. A., Rahman, K. A. A., Ashari, Z. M., Jumaat, N. F., & Abdullah, A. H. (2021). WhatsApp and Its Potential to Develop Communication Skills among University Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(23), 57–71. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i23.27243

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “Whatsapp” sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Jurnal Professional FIS UNIVED, 4(1), 26–44. https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) Di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CBM. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 98–105. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3679

Pebriyanti, Warnia, H., & Mashud. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 61–68. http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50262

Qalyubi, I., & Nirwanto, R. (2022). The Implementation of Whatsapp and Zoom Application in Public Speaking Course During Covid-19 Pandemic At Iain Palangka Raya. PROJECT: Professional Journal of English Education, 5(1), 180–184. http://dx.doi.org/10.22460/project.v5i1.p180-184

Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v21i2.552

Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Purwanty, R. (2022). Pembelajaran Daring di Kelas VB SD Inpres Merauke. Jurnal Education and Development, 10(1), 516–520. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3375

Randa, Y. (2019). Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 145–154. https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16304

Resende, G., Messias, J., Melo, P., Vasconcelos, M., Benevenuto, F., Sousa, H., & Almeida, J. M. (2019). (Mis)Information Dissemination in WhatsApp: Gathering, Analyzing and Countermeasures. In J. McAuley (Ed.), Proceedings of The World Wide Web Conference (pp. 818-828). New York, NY: ACM. doi:10.1145/3308558.3313688.

Rienties, B., Hampel, R., Scanlon, E., & Whitelock, D. (2022). Open World Learning: Research, Innovation and the Challenges of High-Quality Education. Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9781003177098

Rosenberg, H., & Asterhan, C. S. C. (2018). “Whatsapp, teacher?” - Student perspectives on teacher-student whatsapp interactions in secondary schools. Journal of Information Technology Education: Research, 17(6), 205–226. https://doi.org/10.28945/4081

Saroh, M., & Arifmiboy, A. (2022). Students’ Satisfaction on Using Whatsapp For Online Learning At the Fifth Semester Students of English Education Program in IAIN Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2703–2714. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2921

Selamet, S., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Pemanfaatan Media Whatsapp Grup dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Al- Fadliliyah Darussalam Ciamis. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 4(2), 197–210. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i2.642

Septiani, E., & Setyowati, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 121–128.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Suparman, A., Danim, S., Nirwana, N., Kristiawan, M., & Susanto, E. (2022). The Effect of Using Google Classroom and Whatsapp Applications on Learning Activities. Education Quarterly Reviews, 5(1). https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.01.434

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2021). Use of WhatsApp Group as Learning Media in Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 400–410. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.139

Thahir, N. L., Patahuddin, P., Jafar, J., & Amri, A. (2021). Analisis penggunaan aplikasi whatsapp terhadap pembelajaran daring (studi kasus mahasiswa pendidikan biologi FKIP UM parepare). Journal of Biology Learning, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1349

Yuliani, E., & Saputri, R. K. (2021). Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom Dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 238–243. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.934

Zakaria, A. I. A. R. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Buntulia Semester 2 Tahun Pelajaran 2020 / 2021. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(1), 491–502. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.491-502.2022

Downloads

Published

2022-07-18