Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Bahasa Indonesia melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition
Keywords:
bahasa Indonesia, CIRC, keterampilan membaca intensifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang mengikuti model John Elliot. Penelitian ini mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juni 2021 sampai dengan Agustus 2021 dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa, sedangkan data didapatkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca intensif siswa yang didapat melaui tes membaca intensif yang diberikan yaitu pada tahap awal diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal 33,33% dengan rata-rata nilai kelas 60, dan pada siklus I sebesar 44,44% secara klasikal dengan rata-rata 67, sedangkan pada siklus II sebesar 70,37% secara klasikal dengan rata-rata 75, kemudian pada siklus III sebesar 88,88% secara klasikal dengan rata-rata nilai kelas 83. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa SD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




