Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Bahasa Indonesia melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition

Authors

  • Devi Wahyuni STKIP Kusumanegara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusumanegara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusumanegara

Keywords:

bahasa Indonesia, CIRC, keterampilan membaca intensif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang mengikuti model John Elliot. Penelitian ini mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juni 2021 sampai dengan Agustus 2021 dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa, sedangkan data didapatkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca intensif siswa yang didapat melaui tes membaca intensif yang diberikan yaitu pada tahap awal diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal 33,33% dengan rata-rata nilai kelas 60, dan pada siklus I sebesar 44,44% secara klasikal dengan rata-rata 67, sedangkan pada siklus II sebesar 70,37% secara klasikal dengan rata-rata 75, kemudian pada siklus III sebesar 88,88% secara klasikal dengan rata-rata nilai kelas 83. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa SD.

Downloads

Published

2022-01-28